Selasa, Mei 10, 2011

CONTOH PROPOSAL TAK SOSIALISASI

PROPOSAL TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI
BAB I
PENDAHULUAN

A. DEFINISI TAK (TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK)
Terapi aktivitas kelompok adalah terapi modalitas yang dilakukan perawat kepada sekelompok klien yang mempunyai masalah keperawatan yang sama. Aktivitas yang digunakan sebagai terapi, dan kelompok digunakan sebagai target asuhan. Di dalam kelompok terjadi dinamika interaksi yang saling bergantung, saling membutuhkan dan menjadi laboratorium tempat klien berlatih perilaku baru yang adaptif untuk memperbaiki perilaku lama yang maladaptive.

B. JENIS – JENIS TAK (TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK)
Terapi Aktifitas Kelompok berdasarkan masalah keperawatan jiwa yang paling banyak ditemukan dikelompok sebagai berikut : 
1. TAK sosialisasi (untuk klien dengan menarik diri yang sudah sampai pada tahap mampu berinteraksi dalam kelompok kecil dan sehat secara fisik). 
2. TAK stimulasi sensori (untuk klien yang mengalami gangguan sensori). 
3. TAK orientasi realita (untuk klien halusinasi yang telah mengontrol halusinasinya, klien waham yang telah dapat berorientasi kepada realita dan sehat secara fisik).
4. TAK stimulasi persepsi : halusinasi (untuk klien dengan halusinasi)
5. TAK peningkatan harga diri (untuk klien dengan HDR) 
6. TAK penyaluran energy (untuk klien perilaku kekerasan yang telah dapat mengekspresikan marahnya secara konstruktif, klien menarik diri yang dapat berhubungan dengan orang lain secara bertahap dan sehat secara fisik).
C. PERSIAPAN LINGKUNGAN
1. Ventilasi baik
2. Penerangan cukup
3. Suasana tenang
4. Pengaturan posisi tempat duduk (setting)
D. PERAN DAN FUNGSI TERAPIS 
1. Leader 
Tugas: 
a. Memimpin jalannya terapi aktifitas kelompok.
b. Merencanakan, mengontrol, dan mengatur jalannya terapi.
c. Membuka acara
d. Menyampaikan materi sesuai tujuan TAK.
e. Memimpin diskusi kelompok
f. Menutup acara diskusi.
2. Co Leader 
Tugas: 
a. Mendampingi Leader
b. Mengambil alih posisi Leader jika Leader blocking
c. Menyerahkan kembali posisi kepada leader
3. Fasilitator 
Tugas: 
a. Ikut serta dalam kegiatan kelompok
b. Memberikan stimulus dan motivator pada anggota kelompok untuk aktif mengikuti jalannya terapi
4. Observer
Tugas
a. Mencatat serta mengamati respon klien (dicatat pada format yang tersedia).
b. Mengawasi jalannya aktivitas kelompok dari mulai persiapan, proses, hingga penutupan.
5. Operator
Tugas
a. Mengatur alur permainan (Menghidupkan dan mematikan musik)
b. Timer (Mengatur waktu).
E. PROSES SELEKSI
1. Berdasarkan observasi perilaku sehari-hari klien yang dikelola oleh perawat.
2. Berdasarkan informasi dan diskusi mengenai perilaku klien sehari-hari serta kemungkinan dilakukan kelompok pada klien tersebut dengan perawat ruangan.
3. Melakukan kontak mata pada klien untuk mengikuti aktivitas yang akan lakukan.

BAB II
 TAK SOSIALISASI : MENARIK DIRI
Sesi I-II

Terapi Aktivitas Kelompok (TAK): Sosialisasi (TAKS) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan dengan masalah hubungan sosial.
A. Tujuan : 
1. Tujuan umum 
Klien dapat meningkatkan hubungan sosial  dalam kelompok secara bertahap. 
2. Tujuan khusus
a. Klien mampu memperkenalkan diri
b. Klien mampu berkenalan dengan anggota keluarga kelompok
c. Klien mampu bercakap – cakap dengan anggota kelompok
d. Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik percakapan
e. Klien mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi padaorang lain.
f. Klien mampu bekerja sama dalam permainan sosial kelompok
g. Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan TAKS yang telah dilakukan.
B. Aktivitas dan Indikasi
Aktivitas TAKS dilakukan 2 sesi yang melatih kemampuan sosialisasi klien. Klien yang mempunyai indikasi TAKS adalah klien dengan gangguan hubungan sosial berikut :
1. Klien harga diri rendah yang cukup kooperatif
2. Klien yang yang sulit mengungkapkan perasaannya melalui komunikasi verbal
3. Klien dengan gangguan harga diri rendah yang telah dapat berinteraksi dengan orang lain.
4. Klien dengan kondisi fisik yang dalam keadaan sehat (tidak sedang mengidap penyakit fisik tertentu seperti diare, thypid, dan lain-lain)
C. Setting
1. Klien dan terapis duduk bersama dalam satu lingkaran.
2. Ruangan yang nyaman dan tenang.

CoOO

F

K
K
K
K
F
K
K
K
K
F
K
K
O
F
 










Op
Keterangan :
L               : Leader
Co                        : Co Leader
F               : Fasilitator
O              : Observer
K              : Klien
Op                        : Operator
Petunjuk
Klien duduk melingkar bersama perawat.
A. Metode TAKS
1.   Dinamika kelompok
2.   Diskusi dan tanya jawab
3.   Bermain peran atau stimulasi

A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Terapi Aktifitas Kelompok ini dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal          : Kamis, 14 Maret 2011
Waktu                     : Pukul 10.30 WIB s.d selesai
Tempat                    : Ruang Flamboyan
B.  Nama Klien dan Ruangan
Klien yang mengikuti kegiatan berjumlah 8 orang, sedangkan sisanya sebagai cadangan jika klien yang ditunjuk berhalangan. Adapun nama-nama klien yang akan mengikuti TAK serta pasien sebagai cadangan yaitu :
Klien peserta TAK :
1. Ny. L
2. Ny.T
3. Ny.A
4.  Ny. Y
5. Ny.  E
6. Ny. S
7. Ny.  E
8. Ny. S
9. Ny.  L  
10.Ny. M  
C.  Media dan Alat
1.   Botol
2.   Handphone (MP3)
3.   Tikar
4.   Topeng
D. Susunan Pelaksana
Susunan TAKS sebagai berikut :
a.    Leader             : 
b.    Co. Leader      : 
c.    Fasilitator 1     : 
d.   Fasilitator 2     : 
e.    Fasilitator 3     : 
f.     Fasilitator 4     : 
g.    Fasilitator 5     : 
h.    Observer          :
i.      Operator          : 
E.  Langkah Kegiatan
1.   Persiapan
a.    Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu isolasi sosial: menarik diri
b.   Membuat kontrak dengan klien
c.    Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
2.   Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
a.    Memberikan salam terapeutik: salam dari terapis
b.   Evaluasi / validasi: menanyakan perasaan klien saat ini
c.    Kontrak:
·      Menjelaskan tujuan kegiatan yaitu memperkenalkan diri
·      Menjelaskan aturan main sebagai berikut :
ü Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis.
ü Lama kegiatan kurang lebih 45 menit.
ü Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.
3.   Tahap kerja
a.    Jelaskan kegiatan yaitu music pada Handphone akan di hidupkan, serta bola diedarkan berlawanan arah jarum jam. Dan pada saat tape di matikan, maka anggota kelompok yang memegang bola memperkenalkan diri.
b.   Hidupkan kaset pada handphone dan edarkan bola berlawanan jarum jam.
c.    Pada saat music di hentikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyebutkan: salam, nama lengkap, nama panggilan, hoby, dan asal di mulai dari terapis sebagai contoh.
d.   Tulis nama panggilan pada kertas atau papan nama dan temple atau pakai.
e.    Ulangi sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
f.    Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
4.   Tahap terminasi.
a.    Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
b.   Memberi pujian atas keberhasilan kelompok.
c.    Rencana tindak lanjut.
d.   Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain di kehidupan sehari-hari.
e.    Masukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatanharian klien.
f.    Kontrak yang akan dating.
g.   Menyepakati kegiatan berikut yaitu berkenalan dengan anggota kelompok.
h.   Menyiapkan waktu dan tempat
F.   Kriteria Evaluasi
1.   Evaluasi Input
a.    Tim berjumlah 10 orang yang terdiri atas 1 leader, 1 co-leader, 6 fasilitator, 1 observer dan 1 operator.
b.   Lingkungan memiliki syarat luas dan sirkulasi baik.
c.    Peralatan mp3 sound system berfungsi dengan baik.
d.   Tersedia botol
e.    Klien, tidak ada kesulitan memilih klien yang sesuai dengan kriteria dan karakteristik klien untuk melakukan terapi aktivitas kelompok sosialisasi.
2.   Evaluasi Proses
a.    Leader menjelaskan aturan main dengan jelas.
b.   Fasilitator menempatkan diri di tengah-tengah klien.
c.    Observer menempatkan diri di tempat yang memungkinkan untuk dapat mengawasi jalannya permainan.
d.   100% klien yang mengikuti permainan dapat mengikuti kegiatan dengan aktif dari awal sampai selesai.


3.   Evaluasi Output
Setelah mengadakan terapi aktivitas kelompok sosialisasi dengan 8 klien yang diamati, hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut;
a.    100% klien yang mengikuti permainan dapat mengikuti kegiatan dengan aktif dari awal sampai selesai.
b.   100% klien dapat meningkatkan komunkasi non verbal: bergerak mengikuti instruksi, ekspresi wajah cerah, berani kontak mata.
c.    100% klien dapat meningkatkan komunikasi verbal (menyapa klien lain atau perawat, mengungkapkan perasaan dengan perawat).
d.   100% klien dapat meningkatkan kemampuan akan kegiatan kelompok (mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai).
e.    100% klien mampu melakukan hubungan sosial dengan lingkungannya (mau berinteraksi dengan perawat / klien lain)
TAKS SESI I DAN SESI II

A.    TUJUAN
§  SESI 1
Klien mampu memperkenalkan diri dengan menyebutkan : nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi.
§  SESI 2
Klien mampu mengungkapkan perasaan yang dialami sekarang.
B.     EVALUASI DAN DOKUMENTASI
§  EVALUASI
1.      Sesi I TAKS : Kemampuan Memperkenalkan Diri
a.    Kemampuan Verbal
b.   Kemampuan non verbal
Petunjuk :
§  Di bawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAK.
§  Untuk tiap klien, semua aspek dinilai dengan memberi tanda cek list (√) jika ditemukan kemampuan pada klien, atau tanda (×) jika tidak ditemukan.
§  Jumlah kemampuan yang ditemukan, jika 3 atau 4 klien mampu, dan jika 0,1 atau 2 klien belum mampu
2.      Sesi II TAKS : Kemampuan Berkenalan
a.    Kemampuan Verbal
Petunjuk :
§  Di bawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAK.
§  Untuk tiap klien, semua aspek dinilai dengan memberi tanda cek list (√) jika ditemukan kemampuan pada klien, atau tanda (×) jika tidak ditemukan.
§  Jumlah kemampuan yang ditemukan, jika 3 atau 4 klien mampu, dan jika 0,1 atau 2 klien belum mampu.

b.      Kemampuan non verbal
Petunjuk :
a.    Di bawah judul nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAK.
b.   Untuk tiap klien, semua aspek dinilai dengan memberi tanda cek list (√) jika ditemukan kemampuan pada klien, atau tanda (×) jika tidak ditemukan.
c.    Jumlah kemampuan yang ditemukan, jika 3 atau 4 klien mampu, dan jika 0,1 atau 2 klien belum mampu

§  DOKUMENTASI
1.      Sesi I TAKS
a.       Dokumentasi kemampuan yang dimiliki klien ketika TAK`pada satatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi I TAKS, klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan non verbal, dianjurkan memperkenalkan diri pada klien lain di ruang rawat (buat jadwal)
2.      Sesi II TAKS
a.       Dokumentasi kemampuan yang dimiliki klien ketika TAK`pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi II TAKS, klien mampu mengungkapkan perasaan yang dirasakan saat terapi.


DAFTAR PUSTAKA

Herawaty, Netty. 1999. Materi Kuliah Terapi Aktivitas Kelompok. Jakarta : EGC.
Stuart, Gail Wiscart & Sandra J. Sundeen. 1995. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 3. Jakarta : EGC